Translate

Wednesday 29 January 2014

Tempe Benguk

Apa itu tempe benguk??
     Tempe benguk adalah kreasi lain dari jenis tempe yang termasuk langka dimasyarakat (dari biji kara benguk, Mucuna pruriens) . Pada saat ini tempe benguk sudah sangat langka dan tidak akan di temukan di kota-kota besar.  Sebenarnya tempe benguk sangat lezat dan mantap jika mengolahnya dengan sabar dan teliti. 
     

     Koro benguk (Mucuna pruriens) merupakan jenis koro-koroan yang bila dibandingkan dengan kedelai, kadar protein dan lemak kara benguk lebih rendah, sedangkan kadar karbohidratnya lebih tinggi, bahkan dua kali kandungan karbohidrat kedelai. Pembudidayaan yang mudah dapat menjadikan koro benguk sebagai alternatif sumber protein.

Cara Membuat Tempe Benguk

   
Pembuat tempe benguk

     Hampir mirip dengan tempe, benguk dibuat menggunakan biji benguk, yaitu tanaman sejenis koro yang bernama latin Mucuna pruriens
     Pembuatan tempe benguk dan tempe kedelai pun relatif sama. Bedanya, sebelum direbus hingga mendidih benguk harus direndam di air dingin selama 2 hari. Selain bertujuan melunakkan biji benguk, ini juga bertujuan untuk menghilangkan bau apek yang menempel di kulitnya.
     Setelah bijinya lunak, benguk lalu direbus sampai benar-benar matang. Namun sebelumnya, kulit ari harus dibersihkan terlebih dahulu. Jika tidak, tempe akan berasa kasar di lidah serta meninggalkan rasa asam. Usai direbus, biji benguk yang sudah empuk lantas ditiriskan hingga hilang unsur airnya. Sebaiknya tidak buru-buru membumbui benguk dengan ragi. Biji-biji itu harus dibiarkan dingin sebelum dicampur ragi dan dibungkus. Jika tidak, lagi-lagi tempe yang dihasilkan akan berasa asam.
     Nah, setelah semuanya siap, barulah biji benguk yang sudah dicampur bubuk ragi dapat dibungkus dengan daun jati atau pelepah batang pisang. Hanya dibutuhkan waktu 2 hari 2 malam untuk mengubah biji benguk menjadi tempe yang kenyal dan menggugah selera.

NB : Tempe benguk umumnya diolah dengan cara di goreng tepung atau dibumbu santan. Kalau digoreng tepung caranya mirip dengan bikin mendoan. Tempe diiris terus dicelupin ke tepung berbumbu baru di goreng.

Spesial : Kiriman khusus buat sobatku  ismarwanto istok  thanks atas atensi-nya bro...

Berlangganan Artikel Terbaru

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner